Kenyamanan pribadi tergantung pada kelembapan, karena udara dari suhu tertentu terasa lebih hangat dengan kelembapan tinggi. Sebaliknya, udara pada suhu yang sama terasa dingin jika kelembapan rendah. 

Bernapas dengan kelembapan udara yang lebih tinggi adalah salah satu cara untuk meringankan gejala alergi dan efek samping terapi obat yang mengganggu. Di sisi lain, salah satu pelaku alergi yang sangat umum yaitu tungau debu rumah, hanya berkembang pada tingkat kelembapan yang melebihi minimum tertentu. 

Tingkat kelembapan yang lebih rendah membantu memastikan tungau debu dan jamur tidak berkembang dan mengurangi polusi udara dalam ruangan, namun kelembapan yang lebih tinggi jauh lebih nyaman untuk jaringan tenggorokan dan hidung. Triknya adalah dengan menjaga udara dalam ruangan agar tidak terlalu lembap dan tidak terlalu kering.

Untuk mengetahui kelembaban udara apakah tinggi apa rendah, maka perlu mempunyai Hygrometer atau pengukur kelembaban udara di rumah. Ingin mendapatkan hygrometer dengan harga terjangkau ? Kunjungi website bsmalkes.com

Thermo-Hygrometer Analog

Hygrometer HTC-2

Thermo-Hygrometer HM16 Beurer