Alat bantu dengar memang tidak mengembalikan pendengaran menjadi normal, namun alat ini dapat memperkuat penerimaan suara yang kurang jelas.  Alat ini memiliki 3 komponen utama yaitu microphone, amplifier dan speaker.

Jenis Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar yang akan Anda gunakan harus sesuai dengan usia, serta tingkat gangguan pendengaran yang dialami. Di bawah ini adalah beberapa jenis alat bantu dengar yang umumnya dijual di pasaran :

  • In the Air (Alat di dalam Telinga)

Alat ini digunakan untuk gangguan pendengaran tingkat ringan hingga berat. Model ini ada yang dipasang di seluruh cuping telinga luar atau sebagian saja. Jenis ini tidak dianjurkan untuk anak-anak karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan , sehingga ukuran cuping nya terus berubah.

  • ­Behind the Ear (Alat di belakang Telinga)

Alat ini dipakai dengan cara dikaitkan pada bagian atas cuping telinga dan bagian belakang telinga. BTE cocok untuk berbagai tingkat gangguan pendengaran pada semua umur.

  • In the Canal (ITC)

Alat ini sesuai untuk gangguan pendengaran tingkat ringan sampai sedang untuk oraang dewasa. Bentuknya akan memenuhi sebagian liang telinga.

  • Completely in the canal(CIC)

CIC dibentuk agar dapat dimasukkan ke liang telinga. Penggunaanya untuk gangguan pendengaran tingkat ringan hingga menengah pada orang dewasa.

  • Implan Koklea

Implan Koklea merupakan sebuah tindakan medis yang dilakukan dengan cara mengganti fungsi telinga dalam yang rusak, dengan kinerja dari alat elektronik kecil yang bekerja merangsang saraf pendengaran. Tindakan ini lebih bermanfaat untuk penderita tuli saraf.

Beli alat bantu pendengaran atau hearing aid di bsmalkes.com